Sukses adalah perjalanan

Perdagangan Melalui Jaringan Electronik

Posted on: October 30, 2010


Pendahuluan

Materi ini masih berhubungan dengan e-commerce yang sudah kita bahas sebelumnya, hanya saja kita akan membahas lebih sedikit detai lagi dari materi-materi sebelumnya dengan harapan pembaca dapat memahami betul tentang konsep yang diambil dari beberapa contoh perdagangan jaringan electronic yang telah dibahas

 

Tinjauan

Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan diseluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan menghasilkan tiga manfaat utama:

1. Pelayanan pelanggan lebih baik

2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan lebih baik

3. Pengembalian atas intestasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat

 

Pembahasan

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun, strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). istilah lain adalah EDI, yang berarti penukaran data elektronik. Kedua istilah tersebut sering digunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu perbedaan, EDI dianggap subset dari IOS pertukaran data elektronik adalah cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.

 

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronika

Menurut Raymond Mcleod [Sistem Informasi Manajemen, 2001, 72] Komunikasi data adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian penting besar, dengan internet dalam sorotan. Internet membuka berbagai peluang baru dihampir semua perusahaan-perusahaan yang ingin membangun sistem antar organisasi dengan menggunakan EDI, beberapa teknologi juga dapat dipertimbangkan.

Ada tiga pilihan teknologi utama sambungan langsung (Direct Connectivity), jaringan bernilai tambah (Value Added Network) dan internet.

  1. Sambungan Langsung

Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia jasa komunikasi umum.

  1. Jaringan Bernilai Tambah

Jaringan bernilai tambah (Value Added Network) disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.

  1. Internet

Internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.Sebagian besar kebangkitan perdagangan melalui jaringan elektronik diharapkan berasal dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan dalam beberapa kasus mengirimkan produk mereka melaui internet.

 

Cyberspace dan Information Superhighway

Menurut Raymond Mcleod [Sistem Informasi Manajemen, 2001, 76] Dua istilah lain juga sering dikaitkan dengan internet dan web. Pertama adalah cyberspace daninformation superhighway. Dahulu istilah cyberspace adalah menjelaskan masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Sekarang cyberspace berarti dunia internet danworld wide web.

Sedangkan istilah Information Superhighway juga digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada kesepakatan lengkap tentang dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah tersebut biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan pada tiap orang akses ke kekayaaan informasi yang ada dalam masyarakat modern kita. Namun ada orang yang keberatan, yang takut bahwainformation superhighway akan dimanfaatkan oleh bisnis sebagai usaha untuk mendorong penjualan mereka pada masyarakat yang lugu dan tidak menaruh curiga daripada sebagai suatu cara untuk mengkomunikasikan informasi yang bernilai.

 

Aplikasi Bisnis Di Internet

Internet dapat digunakan untuk aplikasi bisnis apapun yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi didalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Banyak perusahaan menggunakan intenet untuk komunikasi internal, suatu aplikasi yang disebut Intranet.

Internet menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan berbagai jenis jaringan yang telah digunakan perusahaan selama bertahun-tahun jaringan yang dinamakan jaringan setempat (Local Area Network), jaringan perkotaan (Metropolitan Area Network) dan jaringan luas (Wide Area Network). Tidak seperti jaringan lain tersebut, internet dapat digunakan dengan platform komputer apapun tanpa perlu usaha khusus. Ini adalah keunggulan besar.

Semua area perusahaan dapat menggunakan internet, tetapi jika seseorang harus memilih area dengan potensi terbesar, itu adalah pemasaran. itu karena banyak pemakai internet merupakan pelanggan potensial dari produk dan jasa perusahaan. Internet menawarkan suatu cara baru untuk mencapai suatu segmen pasar yang jumlahnya dapat mencapai jutaan. Selain itu, internet memberikan bagi pada pemasar suatu cara untuk tetap maju dalam persaingan.

 

Pemasaran Elektronik Berbasis WEB

World wide web atau web menyediakan saluran distribusi yang sangat menyenangkan dan efektif bagi para pedagang di internet. Konsep pemasaran menyiratkan beberapa gambaran, seperti orang-orang yang duduk bekerja sama dan membicarakan slogan-slogan atau frasa-frasa yang mudah ditangkap serta memiliki sifat “menjual”, perancangan-perancangan lay-out yang sedang bekerja dikomputernya masing-masing dalam merancang suatu papan iklan (billboard), atau barangkali sejumlah pemasar jarak jauh (telemarketer) yang sibuk bekerja dengan teleponnya masing-masing berusaha menjual barang atau jasanya.

Dalam kerangka diatas, web menawarkan cara baru untuk digunakan pemasar dan bersamanya datang panduan-panduan yang baru. Beberapa aturan dan panduan yang lama tetap bisa digunakan, tetapi beberapa diantaranya harus dimodifikasi untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Dengan kata lain, aturan serta panduan baru juga diperlukan dalam lingkungan yang baru seperti internet dan web. Meski demikian, definisi pemasaran pada dasarnya tidak berubah dengan kehadiran web sebagai saluran pemasaran yang baru.

 

Kesimpulan

Internet dapat digunakan untuk aplikasi bisnis apapun yang meibatkan komunikasi data termasuk komunikasi baik di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan.

 

Daftar Pustaka

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calender

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Blog Stats

  • 37,865 Pengunjung
%d bloggers like this: