Sukses adalah perjalanan

Ketahanan Nasional

Posted on: April 11, 2011


Coba Anda jelaskan apa yang dimaksud dengan :

Aspek alamiah ketahanan nasional yang meliputi:

  • Posisi dan lokasi geografis negara

Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian guna mengembangkan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional yang diharapkan.

  • Keadaan dan kekayaan alam

Kekayaan alam di Indonesia adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Keadaan ini sepatutnya menjadi sebuah acuan Negara kita agar lebih maju dalam mengelola sumber daya alam yang melimpah ini. Jika Negara kita dapat mengelola kekayaan alam tanpa campur tangan orang asing mungkin Negara kita akan menjadi Negara yang lebih maju tanpa menjadi kaki tangan orang asing di negri sendiri.

  • Keadaan dan Kemampuan Penduduk

Masalah kependudukan Indonesia dalam hal kualitas adalah masalah kependudukan dalam hal mutu kehidupan dan kemampuan sumber daya manusianya. Di Indonesia, masalah kualitas penduduk yang terjadi, antara lain, dipengaruhi oleh masih rendahnya tingkat pendidikan dan kualitas sumber daya manusia, rendahnya taraf kesehatan sehingga kesemuanya itu pada akhirnya mengarah pada rendahnya pendapatan perkapita masyarakatnya.

 

 

Aspek sosial ketahanan nasional yang meliputi:

  • Ideologi

Ideologi suatu negara diartikan sebagai guiding of principles atau prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa. Ideologi adalah pengetahuan dasar atau cita-cita. Ideologi merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diiperjuangkan dalam kehidupan nyata. Ideologi dapat dijabarkan kedalam sistem nilai kehidupan, yaitu serangkaian nilai yang tersusun secara sistematis dan merupakan kebulatan ajaran dan doktrin.

  • Politik

Dalam hal ini politik diartikan sebagai asas, haluan, atau kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan. Kehidupan politik dapat dibagi kedalam dua sektor yaitu sektor masyarakat yang memberikan input dan sektor pemerintah yang berfungsi sebagai output.
Sistem politik yang diterapkan dalam suatu negara sangat menentukan kehidupan politik di negara yang bersangkutan. Upaya bangsa Indonesia untuk meningkatkan ketahanan di bidang politik adalah upaya mencari keseimbangan dan keserasian antara keluaran dan masukan berdasarkan pancasila dan merupakan pencerminan dari demokrasi pancasila.

  • Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat. Upaya meningkatkan ketahanan ekonomi adalah upaya meningkatkan kapasitas produksi dan kelancaran barang dan jasa secara merata ke seluruh wilayah negara.
Ketahanan dibidang ekonomi dapat ditingkatkan melalui pembangunan nasional yang berhasil, namun tidak dapat dilupakan faktor-faktor non-teknis dapat mempengaruhi karena saling terkait dan berhubungan.

  • Sosial Budaya

Ketahanan sosial budaya dapat diartikan sebagai kondisi dinamik budaya bangsa yang berisai keuletan untuk mengembangkankekuatan nasional dalm menghadapi dan mengatasi ATHG, baik dari dalam maupun luar, baik yang langsung maupun yang tidak langsung, yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Sedangkan esensi ketahanan budaya adalah pengaturan dan penyelenggaraan kehidupan sosial budaya. Dengan demikian, ketahanan budaya merupakan pengembangan sosial budaya dimana setiap warga masyarakat dapat mengembangkan kemampuan pribadi

  • Pertahanan dan Keamanan

Ketahanan pertahanan dan keamanan diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG yang membahayakan identitas, integritas, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Ketahanan dibidang keamanan adalah ketangguhan suatu bangsa dalam upaya bela negara, dimana seluruh IPOLEKSOSBUD-HANKAM disusun, dikerahkan secara terpimpin, terintegrasi, terorganisasi untuk menjamin terselenggaranya Sistem Ketahan Nasional

 

 

Menurut Anda bagaimana peranan ideologi Pancasila dalam perkembangan Bangsa Indonesia saat ini?

Pancasila merupakan dasar atau ideologi Negara Kesatuan RI sebagaimana tercantum pada Pembukaan UUD 1945 dan menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia. Semua peraturan, per undangan harus berpedoman pada pancasila begitu pula tindak tanduk dalam kehidupan individu harus tidak bertentangan dengan pancasila. Dalam era globalisasi yang seakan akan ” tidak ada batas batas negara ” baik dibidang informasi, perdagangan , kebudayaan, dll. Justru jika kita berpegang teguh terhadap dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yaitu pancasila akan menjadi benteng bagi kita untuk menghadapi arus globalisasi. Oleh karena itu pengertian, pemahaman, dan pelaksanaan pancasila dalam kehidupan sehari hari yg saat ini kelihatan mulai berkurang perlu lebih digalakan lagi , sehingga benar benar menjadi tameng atas hal-hal yang buruk dari perkembangan saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: