Sukses adalah perjalanan

Mahavira

Posted on: November 24, 2011


Mahavira atau Vardhamana dilahirkan sekitar tahun 599 SM di India sebelah timur laut, di daerah yang sama dengan Buddha Gautama di lahirkan walaupun satu generasi lebih awal. Anehnya, kehidupan kedua orang itu banyak persamaanya yang menarik. Vardhamana anak bungsu dari seorang pemimpin, dan seperti juga gautama dibesarkan dalam kemewahan. Pada umur tiga puluh tahun, dia menjauhkan lingkungannya, keluarga (dia mempunyai seorang istri dan seorang anak perempuan), meninggalkan lingkungannya yang nyaman, dan memutuskan mencari kebenaran dan kepuasan spiritual.

 

Biografi Pangeran Vardhaman

Dalam sebuah tempat yang disebut Kundalagrama (Vaishali kabupaten) terletak dekat dengan Besadha Patti, 27 km dari Patna di Bihar modern, India, Mahavira dilahirkan oleh Raja dan Ratu Siddartha Trishala pada hari ke-13 di bawah bulan meningkatnya Chaitra (12 April menurut kalender Gregorian). Sementara masih dalam rahim ibunya diyakini ia membawa kekayaan dan kemakmuran bagi seluruh kerajaan, oleh karena itu ia bernama Vardhaman. Peningkatan dari semua hal yang baik, seperti mekar berlimpah bunga yang indah. Trishala memiliki sejumlah impian tentang pertanda baik sebelum melahirkan Vardhaman (14 menurut Svetambaras dan 16 menurut Digambaras), tanda-tanda yang meramalkan munculnya jiwa besar. Dalam tradisiJain diyatakan bahwa setelah kelahirannya, raja para dewa, Indra, akan memandikannya dalam susu surgawi dengan ritual selayaknya masa depan Tirthankara dan ia dikembalikan kembali kepada ibunya. Ulang Vardhaman dirayakan sebagai Mahavir Jayanti, hari libur keagamaan yang paling penting dari Jain di seluruh dunia.

Sebagai putra Raja Siddartha, ia hidup sebagai seorang pangeran. Namun, bahkan pada usia lembut ia memamerkan sifat berbudi luhur. Dia mulai terlibat dalam meditasi dan menenggelamkan diri dalam kontemplasi diri. Dia tertarik dalam kepercayaan inti dari Jainisme dan mulai menjauhkan diri dari hal-hal duniawi.

Mahavira mengabdikan sisa hidupnya untuk memberitakan kebenaran abadi kebebasan spiritual untuk orang-orang seluruh India. Dia pergi tanpa alas kaki dan tanpa pakaian, abadi kekasarannya dari iklim, bertemu orang-orang dari semua lapisan masyarakat yang datang untuk mendengarkan pesannya. Pada satu titik Mahavira memiliki lebih dari 37.000.000 pengikut. Khotbah Mahawira dan upaya untuk menjelaskan filsafat Jain dianggap katalis nyata untuk penyebaran agama kuno di seluruh India.

Pada usia 72 tahun 4 setengah bulan, ia mencapai nirwana di daerah yang dikenal sebagai Pava pada hari terakhir dari kalender India dan Jain, Diwali. kelahiran Jains dirayakan sebagai hari ia mencapai pembebasan atau moksa. Jains percaya Mahavira hidup dari 599-527 SM, meskipun beberapa sarjana lebih suka 549-477 SM.

 

Source : here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calender

November 2011
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 37,865 Pengunjung
%d bloggers like this: