Sukses adalah perjalanan

Hukum Diantara Harapan dan Kenyataan

Posted on: November 26, 2013


Setiap warga negara memiliki kebebasan, namun semua itu sudah diatur dalam tatanan hukum itu sendiri. Di negara kita Indonesia menganut sistem demokratis Pancasila yang mengikat warga negara dalam bertindak dan melaksanakan hak dan kewajibannya. Hukum itu sendiri memiliki arti peraturan yang berupa norma dan sanksi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, mencegah terjadinya kekacauan.

Hukum di Indonesia saat ini dipandang lemah oleh masyarakat karena banyak sekali pemberitaan media yang menayangkan tentang buruknya sistem hukum dinegara kita. Pada akhirnya masyarakat pun dengan mudah menilainya bahwa hukum di negara kita hanya berlaku untuk kalangan bawah, sedangkan yang berkuasa itu kebal hukum. Penilainya tersebut berdampak buruk terhadap perilaku masyarakat kita sendiri, karena merasa hukum bisa dibeli. Sehingga berpotensi meningkatnya tindakan kriminal, yang paling terkenal saat ini tindakan korupsi pada kalangan atas. Kurangnya ketegasan dalam hukum kita memicu kalangan bawah tidak taat pada hukum. Sesungguhnya mereka menyadari akan adanya hukum di negara ini, tetapi lemahnya penegakan hukum memacu insting mereka untuk berbuat jahat.

Pentingnya kesadaran hukum sangat dibutuhkan di negara kita, dengan adanya hukum yang teratur kehidupan akan terasa menjadi damai dan tertib. Jika dirasa ketegasan hukum dinegara kita sangan minim, tidak salahnya kesadaran dari sendiri akan pentingnya hukum ditanamkan dalam hati. Minimal selalu berupaya untuk melaksanakan dan mejaga perilaku kita berdasarkan norma hukum yang sudah berlaku

 

Source : here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calender

November 2013
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 37,865 Pengunjung
%d bloggers like this: